Ternyata Ahok Sudah Jadi Kader PDIP, Kantongi KTA Sejak Januari

JawaPos.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama resmi menjadi kader PDIP. PDIP dipilih Ahok sebagai kendaraan politik selanjutnya. 

Staf Ahok, Ima Mahdiah mengatakan, mantan Bupati Belitung Timur itu sudah berstatus kader PDIP sejak bulan Januari lalu.

“Dari tanggal 26 Januari, sudah punya KTA (kartu tanda anggota),” ujar Ima saat dihubungi, Jumat (8/2).

Ima mengaku sebelumnya Ahok sudah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ahok mengutarakan keinginannya bergabung ke partai berlogo Moncong Putih itu.

“Jadi langsung minta izin masuk PDIP (ke Megawati). Pak Ahok masuk PDIP kainginan sendiri,” katanya.

Ima mengaku Ahok belum bisa ikut kampanye bersama dengan PDIP untuk Pemilu dan juga Pilpres 2019 ini. Alasannya karena ingin berlibur dahulu setelah mendekam di balik jeruji besi.

“Enggak (ikut kampanye) mau liburan dahulu,” pungkasnya.

Sekadar informasi, PDIP adalah kendaraan politik keempatnya bagi mantan Bupati Belitung Timur ini. Pertama pada tahun 2004-2008 Ahok bergabung ke Partai Keadulatan Bangsa Indonesia Baru (PBIB).

Setelah itu pada 2008-2012 mantan Bupati Belitung Timur ini bergabung ke Partai Golongan Karya (Golkar). Kala itu dia terpilih menjadi Anggota Komisi II DPR.

Ingin meraih jenjang yang lebih tinggi menjadi kepala daerah di DKI Jakarta. Ahok pun memutuskan pindah dari Partai Golkar ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 2012-2014.

Namun di 2014 dia memutuskan keluar dari Partai Gerindra. Alasannya karena dia ingin fokus menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pasalnya di 2014 silam Aho enggan menjadi juru kampanye di Pilpres pasangan ‎Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa‎

Editor           : Imam Solehudin
Reporter      : Gunawan Wibisono