Setia, Ratna Sarumpaet Tetap Akan Coblos 02

JawaPos.com – Terdakwa perkara dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet mengaku setia memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada 17 April 2019 mendatang. Walaupun, selama kasus yang menjeratnya tim BPN atau Prabowo Subianto tidak memberi dukungan secara penuh.

“Ya nyoblos lah. Ini 02,” kata Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Dukungannya akan tetap untuk paslon nomor 02 meski selama menderita kasus ini tak pernah ada bantuan dari paslon nomor urut 02, mengingat Ratna merupakan mantan bagian dari tim pemenangannya, sebelum akhirnya dikeluarkan karena kasus hoax ini.

Tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga bahkan juga tak pernah menjenguk Ratna yang mendekam di balik jeruji besi rumah tahanan Polda Metro Jaya tersebut.

Diketahui, Ratna Sarumpaet ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus hoax, Jumat (5/10). Aktivis perempuan itu sempat menggegerkan publik karena mengaku diamuk sejumlah orang.

Cerita bohongnya itu lantas dibongkar polisi. Lebam di wajah Ratna bukan akibat dipukul, melainkan akibat operasi sedot lemak di RSK Bina Estetika.

Kemudian, Jaksa Penuntut Umum mendakwa Ratna dengan dakwaan tunggal. Dia didakwa melanggar Pasal 14 ayat (1) UU No. 1 Thn 1946 ttg Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Thn 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Thn 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Ratna didakwa telah membuat keonaran melalui berita bohong yang dibuatnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Copy Editor : Fersita Felicia Facette