Ribuan Peserta Karnaval Budaya akan Jalan Kaki dari Monas hingga GBK

JawaPos.com – Paslon capres-cawapres 01 menggelar kampanye terbuka edisi terakhir di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta hari ini, Sabtu (13/4). Pada kampanye itu selain menampilkan pidato utama Jokowi dan Ma’ruf Amin, juga disertai dengan karnaval.

Untuk karnaval digelar sebelum rapat umum rakyat dan diikuti ratusan ribu massa. Mereka terdiri atas perwakilan partai pengusung capres 01, relawan, hingga simpatisan. Para peserta karnaval akan mengambil lokasi di kawasan Monas Jakarta Pusat, lalu berjalan menyusuri jalan protokol Thamrin -Sudirman dan berakhir di GBK Senayan Jakarta.

“Karnaval mulai bergerak pukul 12.00 selain berjalan kaki, ada juga parade kendaraan mewakili 34 daerah Indonesia,” ujar Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Sabtu (13/4).

Dia menerangkan, berdasarkan keinginan Jokowi, pesta demokrasi ini harus gembira ria. “Pesta politik tidak harus menakutkan, sehingga karnaval menjadi representasi pesta demokrasi,” jelas Erick Thohir.

Jarak yang ditempuh peserta karnaval dari kawasan Monas menuju GBK sekitar 7 kilometer. Rencananya tiga jalur di sepanjang jalan tersebut akan dipakai untuk karnaval.

Selain karnaval, akan ada banyak kegiatan pertunjukan kesenian Indonesia. Di antaranya ada seribu penari tradisional dan pentas reog Ponorogo. Totalnya melibatkan 7.000 personel kesenian khas Jawa Timur ini. Pentas Reog Ponorogo akan dilakukan di kawasan Parkir Timur Senayan Jakarta. Di sekitar GBK juga ada sejumlah festival yang diisi dengan pentas seni, penjualan merchandise 01 dan banyak yang lainnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Khafidul Ulum

Copy Editor : Fersita Felicia Facette