PolitikaWave: Per Hari Ada 257 Ribu Percakapan Soal Pilpres di Medsos

JawaPos.com – Lembaga survei PolitikaWave merilis hasil survei terbarunya terkait Calon Presiden pilihan netizen. Survei ini dilakukan melalui rangkaian variabel aktif sosial media.

Metode survei dilakukan dengan mengamati sebanyak 1.899.881 total percakapan terkait kedua kandidat di media sosial pada rentan waktu 28 Januari 2019 hingga 04 Februari 2019. Di mana percakapan itu dilakukan oleh 267.059 akun.

Percakapan di sosial media yang dipantau yaitu Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, online forum, dan news portal. Hasilnya, jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi yang terbanyak memperoleh dukungan warganet. Mereka menang dengan suara 57,25 persen.

“Jadi kita ada beberapa matrik. Pertama, jumlah percakapan Jokowi-Ma’ruf 57,25 persen, Prabowo-Sandiaga 42,75 persen. Kalau ditanya hari ini siapa yang menang, ya sesuai dengan data itu,” kata Founder PoliticaWave Yose Rizal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Yose juga memaparkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf melakukan percakapan di media sosial oleh 61,25 persen akun, sementara Prabowo-Sandiaga sebanyak 38,75 persen akun.

“Data-data tetap kita filter, alasannya banya aku yang memang dikelola oleh robot. Tapi untuk akun anonim tetap kita masukkan. Hasilnya per hari ada 257 ribu percakapan soal pilpres,” terangnya.

Lebih lanjut, Yose mengatakan, dalam realitas yang terjadi di berbagai negara, bahwa pasangan calon yang unggul di media sosial akan menang pula di kontestasi sebenarnya. 

Hal itu bergantung pada seberapa banyak pembicaraan yang terjadi terhadap pasangan calon tersebut. Dan besar sentimen positif yang diperoleh pun akan sangat mempengaruhi.

“Jadi biasanya yang menang di sosial media itu, ya bisa bisa menang di kehidupan nyatanya. Di Amerika Serikat begitu dan di Indonesia hampir 90 persen,” kata Yose.

Pada sisi sentimen percakapan, 80 persen netizen memperbincangkan Jokowi-Ma’ruf secara positif dan 20 persen negatif. Sementara, untuk pasangan Prabowo-Sandi, memperoleh 74 persen percakapan positif dan 26 persen percakapan negatif.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan