Meski Bukan Putra Minahasa, Umbas Anggap Jokowi Paham Falsafah Sam Ratulangi

JawaPos.com – Wakil Kepala Rumah Aspirasi Jokowi – Ma’ruf Amin Michael Umbas mnilai, karakter kepemimpinan calon presiden (capres) 01, Joko Widodo (Jokowi) ibarat falsafah hidup Sam Ratulangi. Pahlawan nasional asal Minahasa, Sulawesi utara itu selalu memegang prinsip Si Tou Timou Tumou Tou atau manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain.

“Banyak makna yang terkandung dari filsafah hidup itu. Jokowi berhasil menghadirkanya dalam bentuk program kerja pemerintah,” ujar Umbas dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Rabu (10/4).

Menurut Umbas, karakter kepemimpinan Jokowi terbentuk dari nafas dan jiwa arus bawah sebagaimana ia sejatinya berasal. Karenanya, mantan gubernur Jakarta itu selalu berupaya menghadirkan program dan kebijakan yang mengangkat derajat manusia dan rakyat Indonesia tanpa membeda-bedakan asal-usul dan identitas.

Meskipun karakter Minahasa sebagaimana disebut Prabowo mengalir dalam dirinya melalui darah ibunya, lanjut Umbas, tapi sesungguhnya falsafah Sam Ratulangi yang mengusung konsep kemanusiaan yang tinggi, lebih nampak pada Jokowi.

“Nilai-nilai kultur keminahasaan yang meskipun egaliter, tapi tetap sarat akan penghargaan nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Umbas yang juga merupakan putra daerah Minahasa itu.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono