Kumpulkan Relawan, Pospera Tangkis Berita Hoaks dengan Kentongan

JawaPos.com – Relawan Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Jawa Tengah menggelar apel siaga dan pembagian 10000 kentongan. Tujuannya untuk melawan berita bohong yang menyasar calon petahana Jokowi.

Menurut Ketum Pospera, Mustar Bona Ventura Aksi kentongan alias ronda ini efektif karena nantinya ketika fitnah masuk warga bisa membunyikannya.

“Kentongan ini menjadi simbol kita selalu siaga,” ujar Mustar disela-sela deklrasi yang bertema ‘Jaga Kampung Jaga Rumah’ tangkal hoax di Taman Budaya Surakarta, Selasa (12/3).

Mustar juga menuturkan, kabar bohong alias hoax tidak hanya bertebaran di media sosial (Medsos), tetapi sudah sampai rumah ke rumah (door to door). Jadi simbolisnya, kentongan ini dibunyikan untuk menangkis fitnah yang tak beradab menyerang Joko Widodo (Jokowi).

“32 hari lagi. Kita siaga di rumah kita. Jaga kampung. Tangkis fitnah dan lawan berita hoax. Kita kerja keras dan disiplin tinggi menangkan Jokowi,” ujar Mustar dalam keterangan tertulis pada JawaPos.com, Selasa (12/3).

Selain itu, Mustar juga mengajak para relawan berjaga di TPS. Hal itu dilakukan supaya tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

“Kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin harus dikawal. Satu Minggu sebelum pencoblosan untuk menjaga, mengawasi, menjaga TPS hingga penghitungan suara,” katanya.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Gunawan Wibisono