KPU: Ahok Hanya Bisa Coblos Presiden

JawaPos.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana liburan ke luar negeri pada 17 April 2019 mendatang. Padahal sebagaimana diketahui pada tanggal itu juga ada pencoblosan Pileg dan Pilpres 2019 serentak.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Ilham Saputra mengatakan, apabila pada 17 April nanti berada di luar negeri, maka Ahok atau yang kini lebih sering disapa BTP tetap bisa mencoblos. Namun, dia hanya bisa mencoblos surat suara untuk capres-cawapres saja.

“Maka dia akan mencoblos surat suara presiden saja. DPR dan DPRD tidak bisa,” ujar Ilham di Jakarta, Jumat (8/2).

Ilham menegaskan, Ahok tidak bisa menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon legislatif yang bakal ia dukung. “Jadi memang DPR dan DPRD itu tidak bisa,” katanya.

‎Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, ia mendapat informasi dari koleganya Djarot Saiful Hidayat, bahwa Ahok akan pelesiran ke luar negeri setelah bebas dari penjara.

“Belum kami tanya, Pak Ahok sendiri masih mau jalan-jalan ke luar negeri kata Pak Djarot,” ujar Hasto.

Hasto mengatakan, dari informasi yang ia dapatkan, Ahok juga ingin menjadi pembicara di seminar-seminar. Sehingga setelah bebas Ahok akan banyak mengisi harinya dengan kegiatan tersebut.

“Mau jadi pembicara juga di beberapa tempat,” katanya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Gunawan Wibisono