Jokowi Unggul di Pemilih Islam, Menang Mutlak di Segmen Minorita

JawaPos.com – Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mendapati hasil bahwa elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di angka 54,8 persen. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di angka 31,0 persen.

Saat dikategorikan per segmen kantong suara, Jokowi-Ma’ruf pun masih unggul banyak dari Prabowo-Sandi. Misalnya dari kantong pemilih muslim dan pemilih minoritas pasangan petahana berhasil mengalahkan penantangnya.

Dari base pemilih muslim sebesar 85,8 persen, yang memutuskan memilih Jokowi-Ma’ruf sebanyak 49,5 persen. Sedangkan 35,4 persen ke Prabowo-Sandi. Ada pula yang belum menentukan pilihan 15,1 persen.

“Jokowi-Ma’ruf unggul di segmen pemilih muslim,” ujar Peneliti LSI, Adjie Alfaraby di kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (7/2).

Hasil mengejutkan justru terjadi di kantong suara pemilih minoritas. Di kategori ini Jokowi unggul telak dari Prabowo.

Dari base pemilih 14,2 persen, sebanyak 86,5 persen dari mereka menjatuhkan pilihan kepada Jokowi. Hanya 4,7 persen yang ke Prabowo. Sedangkan yang belum menentukan pilihan 8,8 persen.

“Di kantor suara pemilih minoritas, Jokowi-Ma’ruf unggul telak dari pasangan Prabowo-Sandi,” smabung Adjie.

Sebagai informasi, survei LSI ini dilakukan dalam periode 18-25 Januari 2019. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka. Responden yang dilibatkan sebanyak 1.200 orang, dengan margin of error 2,8 persen.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan