Jokowi Target 50 Persen Suara, Sandi Disawer Warga

JawaPos.com – Puluhan ribu orang memadati lokasi kampanye Capres Joko Widodo di Gedung Bazul Asyhab, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Kamis (11/4). Kampanye tersebut dihadiri warga yang datang dari sejumlah wilayah di Kabupaten/Kota Sukabumi.

Jokowi hadir didampingi sang istri, Iriana dan Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, dan anggota TKN lainnya. Dalam pidatonya, capres incumbent itu mengajak pendukungnya untuk memebangkan Pemilu 2019.

Menurut dia, pada 2014 lalu, dia hanya meraih 32 persen suara kalah dengan Prabowo. Namun, dia optimis akan bisa mengungguli Prabowo pada pemilu tahun ini. Jokowi menargetkan perolehan suara 50 persen suara.

“Sanggup, sangggup, yang sanggup angkat jari,” ucap para Jokowi yang langsung disambut oleh para pendukungnya dengan serempak mengangkat jari.

Jokowi juga mengaku yakin target itu akan tercapai, karena banyak alim ulama, dan tokoh masyarakat yang mendukung paslon 01. Dengan dukungan itu, kemenangan itu akan bisa diraihkan.

“Kinerja pemerintahan selama ini dirasakan betul manfaatnya oleh rakyat Sukabumi. Berkat pembangunan infrastruktur yang masif, Sukabumi kini berkembang pesat menjadi salah satu sentra ekonomi dan pariwisata,” katanya.

Sementara itu, Calon wakil presiden (Capres) nomor urut 02 Sandiaga Uno berkomitmen untuk menurunkan harga tarif listrik hingga 20 persen. Janji tersebut diungkapkan oleh Sandi dihadapan masyarakat Sukabumi di Jalur Panjang Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (11/4).

Menurut Sandiaga, penurunan harga listrik diharapkan membantu masyarakat kecil di seluruh penjuru negeri. Sisa uang dari hasil penurunan harga listrik dapat digunakan oleh masyarakat pada kebutuhan lain. Misalnya, kebutuhan bahan pokok atau pun menabung.

Sandiaga lantas meminta pendukungnya untuk fokus memenangkan pasangannya di pilpres 2019. Bagi dia, penurunan harga listrik hanya salah satu janjinya untuk masyarakat Indonesia.

“Bersama Prabowo Sandi, Insya Allah listrik secara bertahap lima tahun ke depan kita turunkan harganya. Paling tidak 20 persen, uangnya kita kembalikan kemana? Ke kantong emak-emak. Biar kantong emak-emak kantongnya isi penuh duit. Bukan penuh kartu. Mau banyak kartu atau banyak duit?” katanya

Usai berorasi, Sandiaga kembali menerima sumbangan uang dari pendukungnya saat orasi kampanye di Jalan Lingkar Selatan, Cibereum, Kota Sukabumi. Di atas panggung, Sandi banyak diberikan pecahan uang yang beragam oleh pendukungnya.

Sandi yang tampak mengenakan kemeja biru muda dan celana krem langsung menghampiri dan mengambil uang tersebut. “Alhamdulillah dapat rezeki pagi-pagi. Ini buat jaga TPS, buat dapur umum,” katanya

Selain diberikan langsung oleh pendukung, panitia acara menyerahkan kantong bertuliskan ‘Infak Perjuangan Prabowo-Sandi’ dari warga Sukabumi. Menjelang acara usai, dua kantong besar berisi uang dengan berbagai nominal diberikan Ahmad Heryawan (eks gubernur Jabar) kepada Sandi.