Jokowi Libatkan KSP Hingga LSM untuk Siapkan Materi Debat Kedua

JawaPos.com – Internal Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mulai mematangkan materi debat kedua Pilpres 2019 yang akan diselenggarakan 17 Februari mendatang. Selain melibatkan tim internal, kubu 01 juga menarik sejumlah ahli dari eksternal.

Juru Bicara TKN, Arya Sinulingga mengatakan, tim eksternal yang turut menyiapkan materi debat yaitu dari pejabat pemerintahan. Seperti Kantor Staf Presiden (KSP), dan Kementerian. Adapula pelibatan sejumlah Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang bergelut di tema yang akan diperdebatkan.

“Dari Kementrian pasti terlibat, KSP pasti terlibat, kemudian LSM-LSM yang Kita ajak, dari civil society kita ajak juga dalam penyiapan tim materi,” kata Arya di Hotel Pullman Jakarta Barat, Senin (11/2).

Lebih lanjut, politikus partai Perindo itu menyebut jika persiapan debat untuk Jokowi sudah hampir rampung. Hanya tinggal pematangan melalui diskusi bersama. “Persiapan sudah okelah ya, tinggal diskusi kecil-kecil saja,” imbuhnya.

Di sisi lain, Arya mengatakan ada beberapa tema yang menjadi unggulan Jokowi. Seperti tema lingkungan hidup, kemudian tema energi.

“Yang akan jadi unggulan kita, energi juga ya, seperti Freeport diambil, Blok Mahakam diambil, itu kan semakin jelas, dalam arti dikuasai bangsa kita,” tegasnya.

Dalam debat kedua, Jokowi tidak hanya akan berbicara keberhasilannya selama menjadi Presiden. Namun, sejumlah program baru untuk 5 tahun ke depan pun akan disampaikan, disesuaikan dengan tema debat yang diusung.

“Pasti (ada program baru, Red), setelah Kita cerita mengenai keberhasilan, Kita kedepan akan ngomong apa,” tandas Arya.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Sabik Aji Taufan