Jokowi: Jangan Coba-coba Berikan pada yang Belum Berpengalaman

JawaPos.com – Dukungan kepada capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin terus bertambah. Kali ini yang mendeklarasikan diri adalah alumni dari Univeritas Trisakti.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pengalaman menjadi pemimpin dari kelompok terkecil merupakan modal penting dalam mengelola negara. Contohnya, dimulai dari memimpin keluarga.

“Saya ingin bercerita sedikit betapa pentingnya yang namanya pengalaman. Pengalaman terpenting adalah kepemimpinan, memimpin sebuah keluarga. Sebuah kepemimpinan harus kita kelola mulai dari yang kecil,” ujar Jokowi di Jakarta, Sabtu (9/2).

“Kalau untuk urusan ini (mengenai keluarga) saya memiliki pengalaman,” katanya.

Selain pengalaman dalam memimpin keluarga, Jokowi juga bercerita pengalamannya dalam birokrasi atau pemerintahan. Dimulai dari menjadi Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, dan saat ini menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Kalau ‎mau terjun di dalam pemerintah kita juga harus memiliki pengalaman. Dan, pengalaman saya dimulai dari bawah. Pengalaman seperti itu perlu, karena bagaimana bisa mengelola sebuah kota, apalagi mengelola sebuah negara besar,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk tidak salah memilih kepala negara. Jokowi mengajak masyarakat untuk melihat kandidat dari pengalaman‎ yang ada.

“‎Jadi, jangan sampai 260 juta jiwa ini, kita coba-coba, kita coba memberikan (kepada) yang belum berpengalaman,” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Gunawan Wibisono