Jadi Ketua Dekranasda Jatim, Arumi: Saya Minta Private Khusus Mas Emil

JawaPos.com – Bersamaan dengan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, istri Emil, yang juga merupakan seorang artis Arumi Bachsin turut dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jawa Timur, Rabu (13/2). Wanita berusia 24 ini mengaku cukup ‘ndredeg’ dalam mengemban tugas barunya tersebut. 

Sebab, Nina Soekarwo yang sebelumnya memimpin Dekranasda telah menorehkan banyak prestasi. “Saya barusan juga dilantik sebagai Ketua Dekranasda yang menurut sejarahnya Dekranasda di Provinsi Jawa Timur sangat baik di bawah kepemimpinan Bude Karwo. Yang bikin ndredeg (deg-degan) saya bisa nggak ya,” kata Arumi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ia mengaku sangat bersyukur dan bangga atas pelantikan sang suami yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek. Untuk mengatasi rasa deg-degan itu, Arumi pun mengaku akan belajar secara private kepada sang suami dalam memimpin organisasi ibu-ibu pengrajin serta PKK satu Jawa Timur.

“Saya minta private khusus sama Mas Emil. Ini serius. Saya bilang sama Mas Emil secara intelektual suami saya jauh lebih pinter dari saya. Sehingga masukan dari Mas Emil untuk Dekranasda dan PKK menjadi salah satu kuncian,” tuturnya.

Sekedar informasi, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Rabu (13/2) sore, oleh Presiden Joko Widodo. Khofifah menggantikan Gubernur Jawa Timur sebelumnya, Soekarwo, yang masa jabatannya berakhir pada 12 Februari 2019.

Sebelum terpilih sebagai mendampingi Khofifah sebagai Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak telah memiliki segudang pengalaman dan karir politik. Emil merupakan cucu Mochamad Dardak, salah satu sesepuh di Nahdlatul Ulama. Ayahnya adalah Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode tahun 2010-2014.

Pria kelahiran Jakarta, 20 Mei 1984 ini memutuskan untuk berganti haluan dalam karirnya, yakni terjun ke politik. Emil bersama Moch Nur Arifin mencoba peruntungan dengan maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati Trenggalek pada 2015.

Saat itu, Emil – Arifin diusung tujuh partai politik yakni PDI-P, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, Partai Hanura, dan PPP. Meski baru pertama kali ikut kontestasi Pilkada, Emil berhasil menang dengan meraup suara sebesar 76,28 persen.

Kemudian, suami dari aktris Arumi Bachsin tersebut menerima tawaran Khofifah untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur 2018. Kini Emil akan menjadi orang nomor 2 di Provinsi Jatim.

Jauh sebelum terjun ke politik, ternyata Emil Dardak pernah bekerja di World Bank Officer di Jakarta dan Media Analysis Consultan di Ogilvy. Bahkan, Emil Dardak pernah menjabat sebagai Chief Business Development and Communication-Executive Vice President di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Uji Sukma Medianti