Ingin Taklukkan Sumbar, Ma’ruf Amin Berziarah ke Makam Inyiak Canduang

JawaPos.com – Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin memulai safari politiknya di Sumatera Barat (Sumbar) hari ini (7/2). Dalam kunjungan ke Ranah Minang ini dia didampingi sang istri, Wury Estu Handayani.

Setiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Ma’ruf Amin disambut sejumlah ulama. Tari Galombang sebagai sambutan selamat datang untuk Muhktasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Dalam jadwalnya, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu langsung bertolak ke Kota Payakumbuh dan Bukittinggi. Di sana dia bertemu dengan jamaah tarekat Payukumbuh. Lalu dilanjutkan dengan bersilaturahmi dengan keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi dan kemudian ziarah ke makam Syekh Sulaiman Ar-Rasuli atau Inyiak Canduang.

Selesai menjalani tapak tilas dengan kerabat para keluarga ulama dan syekh, Ma’ruf Amin pun akan bertemu dengan keluarga Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta di Bukittinggi. Lantas kembali ke Kota Padang dengan memberikan kuliah umum di UIN Imam Bonjol.

Ma’ruf mengaku kedatangannya ke Ranah Minang membawa misi besar. Supaya agar pasangan capres 01 meraih kemenangan di Sumatera Barat. “Tentu kami juga ingin meraih suara yang besar. Pokoknya bisa menanglah di Sumbar,” kata Ma’ruf di BIM Padang Pariaman, Kamis (7/2). Namun tidak tidak menargetkan angka kemenangannya di sana.

Lebih lanjut Ketua Umum MUI itu menyebut, kekalahan Jokowi di Sumbar pada Pilpres 2014 tidak boleh terulang lagi. Terlebih kondisi di Sumbar sudah berubah. “Karena itu 2019 ini Jokowi – Kiai Ma’ruf harus menang,” imbuhnya.

Mantan Rois Aam PBNU itu meyakini masyarakat Sumbar bisa memahami kinerja Jokowi. Selama 4 tahun tentu sudah banyak membawa perubahan bagi bangsa. Aspek pembangunan pun sudah semakin kuat. “Tinggal lagi nanti bagaimana memperbesar,” sambungnya.

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : Sabik Aji Taufan