Hendropriyono Yakin Pilpres Akan Berjalan Aman

JawaPos.com – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono meyakini, pemilu 2019 akan berjalan aman dan jauh dari huru-hara. Sekalipun ada sejumlah masalah yang terjadi, namun hal itu tidak akan menjadi ancaman serius, apalagi sampai mengancam keselamatan rakyat.

Jenderal (Purn) TNI itu memastikan jika aparat keamanan selalu mengabdi untuk rakyat. Pasalnya, bagi mereka keselamatan rakyat merupakan prioritas utama.

“Tentara dan polisi itu siap selalu untuk mengamankan rakyat, karena hukum yang tertinggi adalah keselamatan rakyat. Itu yang harus dipegang, hukum lain itu di bawah,” ujar Hendro di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Jakarta Timur, Jumat (12/4).

Oleh sebab itu, Hendro meyakini pemilu akan berjalan aman. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Masyarakat jangan khawatir, pada saat pemilu maupun sesudah pemilu ada keributan, chaos itu tidak mungkin,” imbuhnya.

Di sisi lain, mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu mengatakan, setiap anggota TNI masih terikat kepada sumpah prajurit dan sapta marga. Dengan itu, kemungkinan terjadinya chaos sangat sulit. Hal itu terbukti sampai saat ini tak ada konflik signifikan selama gelaran pemilu 2019 berlangsung.

“Kalau toh ada, tidak sulit sama sekali mengatasinya. Karena itu sama dengan orang-orang pelakunya menggali lubang kuburnya sendiri,” pungkas Hendro.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan