Gerindra ke KPU: Usulan PSI Tak Perlu Digubris, Hanya Buang-buang Uang

JawaPos.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melihat saat ini masyarakat kurang tertarik melirik program dan visi-misi partai politik peserta pemilu. Atas dasar itu, partai besutan Grace Natalie memberikan usulan ke Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) untuk menggelar debat antarparpol.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro mengatakan KPU tidak perlu memfasilitasi usulan PSI. Menurut Gerindra, usulan tersebut hanya menghambur-hamburkan uang negara.

“Enggak usah itu, buang-buang duit. Usul PSI tidak perlu digubris. PSI hanya cari panggung,” ujar Nizar kepada JawaPos.com, Selasa (12/3).

Menurut Nizar, rakyat sudah cukup mendapat informasi dari debat capres dan cawapres. Sementara untuk visi-misi parpol, masyarakat bisa melihat dari rekam jejak partai dan dari para calegnya.

Selain itu, stasiun televisi juga sudah sering mengundang politisi untuk membahas suatu persoalan. Dari situlah, Nizar yakin, rakyat sudah bisa menilai visi-misi sebuah parpol.

“Rakyat butuh kerja konkret. Kebanyakan debat bisa menjadikan rakyat antipati terhadap politik,” ungkapnya.

“Ruang publik kita sudah dijejali perdebatan politik. Maka perdebatan antarparpol tidak perlu lagi digelar. KPU perlu menghemat anggaran negara.‎ Tidak semua usulan ditampung dan direalisasikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Grace Natalie berharap KPU, masyarakat sipil maupun media massa memfasilitasi debat antarparpol. Hal itu menurut Grace bertujuan supaya publik bisa menilai kualitas dari partai yang akan mereka dukung.

“Bagi kami debat ini penting untuk memastikan kualitas DPR mendatang tidak lebih buruk,” ujar Grace.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Gunawan Wibisono
Copy Editor : Fersita Felicia Facette