Gelar Diskusi Capaian Kinerja, Moeldoko: Yang Pasti untuk Promosi

JawaPos.com – Kantor Staf Presiden (KSP) baru saja menggelar diskusi mengenai langkah-langkah pemerintah dalam memulihkan lingkungan. Tema diskusi yang digelar di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan ini menjadi salah satu tema debat kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, 17 Februari 2019 mendatang.

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengakui bila diskusi yang digelar memang bertujuan untuk melakukan promosi. Menurutnya, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan apa saja program-program yang telah berhasil dicapai.

“Yang pasti (untuk) promosi. Pemerintah punya tanggung jawab untuk mempromosikan. Dalam arti menyampaikan kepada masyarakat atas apa yang pemerintah lakukan,” terangnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/2).

Sebaliknya, lanjut Moeldoko, masyarakat juga memiliki hak untuk mendapatkan informasi. Melalui forum diskusi seperti ini, maka pemerintah dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan mudah.

“Ini perintah presiden, segera sampaikan ke publik bahwa kami telah lakukan ini. Jangan sampai dibilang mana pemerintah nggak ada kerjanya,” kata Moeldoko.

Namun begitu, Moeldoko menampik bila forum diskusi soal capaian kerja pemerintah gencar dilakukan menjelang pemilihan umum. Sebab materi yang disampaikan adalah mengenai kinerja pemerintah selama empat tahun ke belakang. Perihal waktunya yang berdekatan dengan pemilu, Moeldoko membantahnya.

“Bahwa ini (disampaikan) dekat dengan pemilu ya, itu memang sudah jadwal. Bukan berarti oh ada pemilu lantas kami tak sampaikan,” jelasnya.

Sekedar menginformasikan, siang ini, KSP menggelar diskusi mengenai kinerja pemerintah dalam memulihkan lingkungan hidup. Turut hadir dalam diskusi tersebut di antaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta dihadiri pula oleh Wimar Witoelar dan Sosiolog Iman Prasodjo.

Beberapa hal yang disinggung oleh para srikandi Kabinet Presiden Joko Widodo itu adalah bagaimana pemerintah menanggulangi kebakaran hutan, penenggelaman kapal dan isu soal cantrang yang dikurangi untuk melestarikan lingkungan bawah laut dan isu-isu lainnya.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Uji Sukma Medianti