Dua Pekan Uji Coba ETLE, Polisi Catat 821 Pelanggar

loading…

Anggota polisi tengah memantau monitor ETLE yang terpantau CCTV di Ditlantas Polda Metro Jaya. Foto/Isra Triansyah/SINDOphoto

JAKARTA – Polisi melakukan uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin sejak 1-31 Oktober 2018. Selama dua pekan ini, tercatat ada 800 lebih pelanggar.

“Sejak awal uji coba (1 Oktober 2018) hingga saat ini yah, tercatat sudah ada 821 pelanggar,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, jumlah pelanggar sejak pertama uji coba hingga hari ini jumlahnya semakin menurun di tiap harinya. Begitu juga dengan angka kendaraan yang melanggar tapi tak terekam karena pelat nomornya tertutup mobil di belakangnya atau alasan lainnya, juga jumlahnya semakin menurun tiap harinya.

Adapun saat ini, tambahnya, polisi tengah melakukan sosialisi secara langsung pada pengendara melalui pembagian brosur dan spanduk di Jalan MH Thamrin-Jenderal Sudirman. Sosialisi itu dilakukan pada pengendara yang melintas di simpang Sarinah dan Patung Kuda, juga pada komunitas kendaraan yang ada di Thamrin, termasuk pengendara online.

“Sekarang mungkin masih banyak yang belum tahu (ETLE), maka itu kita kasih tahu secara langsung, termasuk prosedur dan sebagainya ada di brosur itu. Kita juga kasih penjelasan, misal ke komunitas Gocar-Gojek, Grab, dan semacamnya,” tuturnya.

(mhd)