Di TPS 073, Masyarakat Disambut Kuntilanak, Pocong, dan Suara Mistis


JawaPos.com – Di tengah panasnya situasi Pemilu 2019, Kelompok Panitia Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 073 Jakarta memiliki cara unik untuk mencairkan suasana. Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu terletak di RT 09 RW 04 Jalan Gunung Balong I, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Pantauan JawaPos.com pada hari pencoblosan, Rabu (17/4), petugas KPPS berdandan dengan tema horor. Mereka menggunakan pernak-pernik, bahkan berpenampilan bagaikan hantu-hantu menyeramkan, seperti kuntilanak, pocong, valak, dan hantu lainnya.

Di sudut pintu masuk TPS, dua nisan yang lengkap dengan bunga-bunganya juga tak kalah membuat para pemilih merinding. Selain itu, sound horor juga diputar untuk menambah aura mistis.

Hal itu pun sukses membuat warganya antusias datang dan menyalurkan hak pilihnya. Meski TPS terkesan seram, mereka ramai-ramai memadati lokasi sejak pagi hari.

Melihat upaya petugas KPPS, masyarakat setempat mengaku senang dan terhibur. Mereka merasakan semangat yang terpancar dari para relawan yang telah meluangkan waktu serta tenaga dalam mempersiapkan TPS tersebut.
“Sangat aspreasi insiatif petugas sekali bagus lain dari yang lain. (Tema horor) baru pertama kali,” ujar Harun, 53, salah seorang warga di lokasi.

Tak kalah jadi pusat perhatian, KPPS juga menyediakan photobooth yang didesain tema horor untuk sesi foto para pemilih dan keluarganya yang hadir. Cukup menyisihkan Rp 10 ribu, mereka bisa turut menyumbang kepada anak-anak yatim piatu lewat para panitia.

“Sebetulnya bagus jadi membuat menarik warga datang kebetulan ada yang sesi foto-foto. Bayar Rp 10 ribu nanti dapat foto dan menyumbang ke anak yatim piatu,” tutur dia.