Curhatan Prabowo di Balik Hobinya Berjoget ala Gatot Kaca

JawaPos.com – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membeberkan ihwal alasan kenapa dirinya gemar berjoget saat di hadapan kamera. Mantan Danjen Kopassus itu pun bercerita soal tabiatnya itu.

Kata Prabowo, kebiasaan berjogetnya itu itu muncul karena kebiasaan eyangnya, Raden Mas Margono Djojohadikusumo. Sikap dan tingkah laku itu pun melekat kepada para keturunan Djojohadikusumo.

Ayahnya, Soemitro Djojohadikoesoemo pun kerap melakukan hal serupa. Ketika mereka mendengar informasi bahagia atau menyenangkan, mereka lantas berjoged secara spontan ala perwayangan.

“Saya selalu dididik, bahwa ‘Prabowo kamu adalah gatot koco’, setiap kali saya masuk ke rumah eyang, selalu disambut (gerakan Gatot Kaca). Makanya, kebiasaan itu. Turun temurun di keluarga besar saya. Jadi kalau kakek ketemu saya dia joged kaya wayang itu,” tutur Prabowo sembari menirukan tarian ala Gatot Kaca, saat berdiskusi dengan awak media di kediamannya, Hambalang, Bogor, Selasa (5/2) malam.

Kini, tingkah lakunya itu pun secara tanpa sadar telah melekat kepada dirinya. Itu lah sebabnya, Prabowo kerap tertangkap kamera melakukan tarian ala Gatot Kaca di hadapan kamera. Terakhir, dirinya kembali berjoget saat diundang dalam acara ulang tahun FSPMI di Jakarta.

“Itulah, mungkin di bawah alam sadar. Kalau dapat berita bagus (joged),” tuturnya.

Sebagai anak yang dibesarkan dalam falsafah jawa yang sangat kental, Prabowo menyebutkan bahwa joget ala Gatot Kaca ternyata memiliki arti mendalam. Eyangnya dan orang tuanya menitipkan pesan agar dirinya bisa menurunkan sifat-sifat baik dari tokoh pewayangan tersebut.

“Itu mungkin cara orang tua menurunkan nilai-nilai luhur kepada anak-anaknya. Gatot koco harus bela yang lemah, harus berani, semua juga akan mati. Jadi tradisi kami itu tak lepas dari cerita ksatria, pendekar, abdi rakyat, abdi negara,” pungkasnya.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : Igman Ibrahim