Cara Jokowi Dekatkan Petani dengan Konsumennya

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo dinilai berhasil dalam membangun dunia industri, termasuk di bidang pertanian. Capres nomor urut 01 tersebut, menyiapkan bangsa Indonesia menuju revolusi industri.

Ketum Golkar Arilangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu mencapai 5,2 persen. Capain ini di atas rata-rata perolehan Asean sebesar 5,1 persen.

Jokowi, kata dia, sudah mempersiapan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Saat ini, Jokowi akan menyiapkan bangsa Indonesia menuju revolusi industri.

“Petani diperkenalkan pada marketplace mereka bisa berjualan secara online,” kata Airlangga, Selasa (9/4).

Upaya yang dilakukan pemerintah tersebut, menjadikan hubungan antara konsumen dengan petani semakin dekat. Ujungnya, produktifitas petani lebih meningkat.

Hal lainnya, kata dia, proyek Palapa Ring yang bertujuan menghubungkan seluruh Indonesia dengan kabel optik. Saat ini sudah hampir 100 persen selesai.

Kemudian, Jokowi juga mempunyai program 1.000 startup atau perusahaan rintisan. “Terlihat bagaimana kontribusinya untuk pengembangan,” ujarnya.

Dalam industri pertahanan, Jokowi juga mempunyai kebijakan yang tepat dan strategis. Yaitu prioritas utama di industri alutsista dan teknologi pertahanan.

Indonesia masuk 5 besar negara industri dunia. Indonesia negara terbesar di Asean, yang ekonominya masuk dalam 1 triliun USD atau sepertiga dari ekonomi Asean

“Selama empat tahun Pemerintahan Jokowi, Aktivitas industri nasional semakin bergairah,” ujarnya.