Bertemu KPK, Kepala Daerah dan Para Menteri Datangi Istana

JawaPos.com – Beberapa gubernur dan jajaran pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Istana Negara, Jakarta pada Rabu (13/3). Kehadiran mereka berkaitan dengan Penyerahan Dokumen Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2019–2020 dilanjutkan dengan Laporan Pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi Tahun 2019.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam acara tersebut. Ia datang bersama dengan jajaran Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah hadir lebih dulu. Begitupun dengan Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak muncul, namun wakilnya Uu Ruzhanul Ulum tampak hadir.

“Saya yakin yang hadir di sini memiliki semangat yang sama untuk membuat Indonesia bebas dari korupsi dan saya mengapresiasi dan hargai kerja keras semua pihak. Sehingga dalam 4 tahun terakhir kita gencar dan terus-menerus menekan perilaku korupsi,” kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3).

“Indeks persepsi korupsi kita membaik dari skor 34 pada 2014 meningkat menjadi 38 pada 2018,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menyerahkan dokumen kepada Jokowi mengenai apa saja yang harus dilakukan para gubernur dan menteri-menteri dalam pencegahan korupsi.

“Kami serahkan pada presiden untuk nanti diteruskan pada menteri dan seluruh gubernur tugas-tugas yang akan dilakukan dalam 2 tahun ke depan,” kata Agus dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Raharjo didampingi oleh Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Laode M Syarif dan Alexander Marwata.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Uji Sukma Medianti