Aturan Baru Menteri Tjahjo, Pembahasan Anggaran Tak Boleh di Hotel

JawaPos.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengeluarkan aturan terkait pembahasan anggaran pemerintah daerah maupun provinsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kasus pembahasan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, beberapa waktu lalu.

“Saya sudah minta kepada Pak Sekjen buat aturan setiap Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang mau konsultasi anggaran datang ke kantor, kalau perlu 24 jam tidak ada masalah. Jangan di hotel,” kata Tjahjo dalam keterangannya, Jumat (8/2).

Tjahjo juga menuturkan aturan dikeluarkan untuk menghindari pembahasan anggaran di luar kantor. “Saya mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) baru. Urusan daerah, urusan Kementerian harus dibahas di Kementerian, jangan di hotel. Intinya begitu,” tegasnya.

Oleh karena itu, Tjahjo menyebut telah memerintahkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri untuk memantau setiap pembahasan anggaran pemerintah daerah. “Namun aturan ini untuk sementara dilakukan secara internal,” pungkasnya.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Muhammad Ridwan