“Leak” (Kajang Kliwon) film horor pertama berlatar budaya Bali

Jakarta (ANTARA News) – Tren film horor di bioskop tanah air diprediksi semakin disukai penonton hingga 2019, namun sejak kebangkitan film bergenre mistik tersebut hingga saat ini belum ada yang berlatar belakang etnik Bali.

Melihat kecenderungan perfilman nasional itu,  Applecross Production siap menghadirkan film dengan genre horor dengan setting dan latar kisah yang berbeda dangan film horor saat ini yang umumnya berlatar “urban legend”.

“Kami akan membuat film horor berlatar etnik Bali, yang sejak masa kebangkitan film nasional belum pernah dibuat lagi,” kata produser Lucas Aspari pada acara selamatan produksi film “Leak (Kajang Kliwon) di Jakarta, Jumat.

Film “Leak” (Kajang Kliwon) rencananya bintangi artis Indah Kalalo, Amanda Manoppo, Christ Laurent, Muthia Datau dan dan  digarap sutradara Bambang Drias yang selama ini cukup pengalaman membuat film horor.

Mengangkat sosok Rangda (ratu para Leak dalam mitologi Bali) film tersebut menceritakan kisah mistis sosok Rangda, makhluk menakutkan yang dipercaya sering menculik dan memakan anak kecil dan memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan barong simbol kekuatan baik.

“Set lokasinya film di tempat yang sakral bagi masyarakat Ubud. Kami memindahkan satu desa ke desa lainnya atas izin raja Bali,” kata Bambang Drias.

Menurur Lucas Aspari, film “Leak (Kajang Kliwon)” yang rencana syutingnya dimulai 30 November 2018 di tiga daerah di Bali itu akan melibatkan ratusan warga dalam beberapa scene upacara ritual.
 
“Kami mendapat dukungan dari pemimpin adat di Ubud Bali untuk memakai lokasi, yang selama ini tidak pernah dipakai untuk syuting film Indonesia,” ujarnya.

Film “Leak (Kajang Kliwon) berlatar Bali yang mulai modern namun kental dengan hal mistik itu mengisahkan, Agni yang tengah mempersiapkan pernikahan dengan tunangannya, Niko.  Di tengah usahanya, mereka mengalami gangguan Rangda. Agni yang seorang dokter tidak begitu saja percaya dengan gangguan yang mereka alami.

Namun gangguan itu berangsur memburuk, dan mengancam nyawa mereka.  Sehingga Agni dan Niko harus membongkar rahasia di balik gangguan yang mereka alami. Ternyata ini semua berkaitan rahasia di masa lalu Agni dan Niko.

Tak hanya dibintangi artis nasional, “Leak” juga melibatkan pemain film asal Singapura  Singapura, Atikah Suhaime yang mengakui ingin mengetahui lebih banyak budaya Bali, apalagi film ini akan digarap berlatar etnik, dengan tarian khas serta kidung Bali.

“Saya tidak tahu Leak itu apa, tapi setelah riset, wow saya ingin banget main film Leak ini,” kata perempuan kelahiran Tampines, Singapura, 15 Maret 1991 itu.

Pewarta: Subagyo
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018