Mahasiswa MNC College Ikuti Media Literasi yang Digelar MNC Group

loading…

Produser Eksekutif RCTI Luba Rosita dan news presenter Nawayogi Kusuma saat menjadi pembicara dalam literasi media di MNC Business & Education College.Foto/SINDOphoto/Ramadhan Adiputra

JAKARTA – Ratusan mahasiswa dari MNC Business & Education College mengikuti seminar bertajuk ‘Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial’. Literasi media digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 MNC Group.

“Ini sangat penting ya literasi zaman now. Mahasiswa-mahasiswi ini generasi milenial. Jadi nanti dari pembicara akan menjelaskan seperti apa literasi baik di bidang media maupun keuangan,” kata Ketua STIE MNC College, Azhar Hadi Ramli, Rabu (17/10/2018).

Sementara itu Direktur PT MNC Asset Management Suwito Haryatno mengatakan, literasi media digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 29 MNC Group.”Kegiatan ini, dalam rangka menyambut HUT MNC Group ke-29, maka itu kami melakukan kegiatan literasi zaman now di bidang media dan keuangan,” ungkap Suwito.

Suwito menambahkan, kegiatan seperti ini juga dilakukan di 29 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Di mana acara sudah dilakukan sejak 15 Oktober 2018 lalu dan berakhir pada 26 Oktober 2018, mendatang.”Jadi, kenapa kita melakukan kegiatan ini kepada mahasiswa, karena mereka nantinya yang menjadi kekuatan besar investasi untuk mendukung ekonomi dan agar media digunakan faktor positif,” jelasnya.

Dia berharap, ke depannya mahasiswa MNC College, yang mengikuti kegiatan ini bisa mendapatkan pengalaman langsung dari para narasumber yang hadir.”Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para mahasiswa yang hadir disini,” ucapnya.

Produser Eksekutif RCTI Luba Rosita dan presenter Nawayogi Kusuma dalam event ini menjadi pembicara bidang media. Luba memaparkan tentang dunia media yang saat ini begitu mudah diakses. Apalagi di zaman media sosial, informasi banyak berkeliaran tanpa pertanggung jawaban.

Risikonya, lanjut Luba, banyak hoaks atau berita bohong yang beredar dan berdampak kekhawatiran di masyarakat.”Ancaman di media sosial yakni maraknya hoaks. Contohnya kasus Augie yang soal calo tiket. Sekarang dia jadi tersangka kan. Ini ada lagi hoaks soal gempa yang membuat masyarakat panik. Akhirnya diamankan polisi,” kata Luba di MNC College, Rabu (17/10/2018).

Luba juga membeberkan cara mengidentifikasi berita hoaks kepada para mahasiswa MNC College.”Hoaks biasanya judulnya heboh, beritanya juga tidak bisa diverifikasi. Sebagai generasi milenial, mahasiswa harus bisa memerangi hoaks dengan banyak membaca,” lanjutnya.

Dalam sesi literasi media, Nawayogi Kusuma news presenter RCTI juga berbagi pengalaman dan simulasi menjadi pembaca berita.”Suka duka jadi jurnalis? Banyakan sukanya ya. Yang jelas kita harus banyak bahan informasi sebelum tampil,” kata Nawa.

(whb)