Begini Cara Mengatur Tempat Duduk Mobil yang Benar

Jakarta – Salah satu perhatian sebelum mengemudikan mobil, pengendara harus memastikan bahwa kursi sudah diposisikan dengan benar dan nyaman. Menyesuaikan tempat duduk dengan benar memungkinkan pengemudi memiliki kendali yang lebih baik, mengurangi tingkat kelelahan, dan meredam cedera saat kecelakaan.

Namun masih cukup banyak pengendara yang abai terhadap hal ini. Akibatnya, airbag sering kali mengembang tidak pada tempatnya, cepat mengalami lelah seperti punggung nyeri atau leher sakit, sampai jarak pandang yang tidak luas (terlalu banyak blind spot).

Melansir drivespark, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengatur tempat duduk agar nyaman dan aman. Pertama, periksa seberapa lurus lengan ketika mengemudi. Posisi yang baik adalah jika tumit tangan dapat mencapai bagian atas kemudi tanpa merasa tidak nyaman atau condong ke depan.

Dalam keadaan berbelok tajam, lengan juga akan tertekuk. Jadi disarankan untuk melakukan demo (tes) terlebih dahulu sebelum mobil dipacu. Jika salah satu lengan dalam posisi lurus, Otolovers memiliki kendali yang lebih sedikit.

Lalu pengendara mobil harus memeriksa jangkauan kaki ke pedal (gas, rem, dan kopling). Sebelum mobil berjalan, disarankan untuk juga melakukan pengujian dengan menekan akselerator dan kopling dengan benar tanpa harus bergerak maju atau menggeser posisi duduk. Kalau belum nyaman, silahkan atur kursi kembali.

Ketiga, cek lagi apakah lutut Otolovers menyentuh setir saat kaki berada di pedal rem. Sebab, hal tersebut mungkin saja terjadi karena pedal rem ditempatkan sedikit lebih tinggi dari pedal gas. Jika lutut menyentuh setir kemudi mobil, langsung ubah pengaturan tempat duduk karena ditakutkan terjadi selip.

Yang patut diperhatikan selanjutnya adalah ketinggian kursi. Bagi Otolovers yang memiliki tubuh cukup pendek, jangan mengatur tempat duduk setinggi mungkin. Karena bila kursi terlalu tinggi dapat menghalangi pengemudi untuk melihat kaca belakang dan juga spion.

Kenyamanan dalam ‘memainkan’ tuas persneling juga menjadi perhatian khususnya bagi pengguna mobil manual. Jangan sampai posisi duduk Otolovers membuat kesulitan bila harus memindahkan gigi mobil.

Setelah semuanya sudah nyaman, jangan lupa untuk mengatur headrest atau sandaran kepala. Fitur tersebut diciptakan untuk menambah kenyamanan sekaligus meredam cedera ketika mobil mengalami kecelakaan. Jadi ada baiknya untuk mengaturnya.

Jangan lupa mengatur kaca spion dan pakai sabuk pengaman juga ya, Otolovers. Nah bila sudah dilakukan semua, mobil siap untuk ditancap gas. (ruk/lth)