Ganjil Genap, Grab Bike Antisipasi Pembatasan Sepeda Motor

loading…

JAKARTA – Wacana kendaraan untuk sepeda motor yang berujung diterapkan ganjil genap membuat Grab berbenah. Antisipasi dilakukan dengan kembali mengupgrade sistem.

Hal itu diungkapkan Manajer Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. Ia mengatakan kebijakan ganjil genap merupakan hal yang harus dituruti. Karena itu sejumlah langkah strategis mengantisipasi adanya wacana tersebut.

“Nomor satu adalah kalau ada aturannya, pasti kami akan mengikuti karena kami tidak ada pilihan untuk tidak mengikuti,” katanya di Gedung Maspion Plaza, Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis 13 September 2018).

Ridzki mengaku pihaknya memiliki teknologi untuk mengantisipasi bila wacana itu berubah menjadi aturan. Teknologi canggih dilakukan agar penumpang dan pengemudi tidak sama rugi. (Baca juga: BPTJ Kaji Pembatasan Operasional Sepeda Motor di Jakarta)

Dalam teknologi itu, Ridzki menjelaskan pelanggan yang berada di wilayah kebijakan ganjil genap, hanya akan dilayani kendaraan yang sesuai kriteria. Sehingga tidak merugikan kedua belah pihak.

“Kita akan address melalui algoritma seperti yang sekarang kita lakukan di roda empat. Ada algoritma pintar dimana order yang melalui tempat ganjil genap akan kita arahkan sesuai plat kendaran di tempat yang ganjil genap,” tutup Ridzki bila pada akhirnya ganjil genap berlaku untuk motor.

(mhd)